MUHIBBIN.NET

Mengabarkan dengan Cinta

ramadhan pertama
SEJARAH

Puasa Ramadhan Pertama dalam Sejarah

Puasa Ramadhan pertama dalam Islam terjadi pada hari Ahad, 1 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah bertepatan dengan 26 Februari 624 Masehi. Ada yang berpendapat: Kewajiban puasa Ramadhan diumumkan oleh Nabi pada Hari Senin, 1 Sya’ban 2 Hijriyah.

Ibnu Jarir dalam kitab Jami’ul Bayan (vol 3, hal 312) berkata: Pada tahun ini, puasa bulan Ramadhan diwajibkan. Ada yang berpendapat: Puasa Ramadhan disampaikan kewajibannya pada bulan Sya’ban tahun yang sama.

Kemudian dikisahkan bahwa ketika Rasulullah SAW tiba di kota Madinah beliau menjumpai kaum Yahudi berpuasa pada bulan Asyura. Beliau menanyakan hal itu kepada mereka.

Mereka menjawab, “Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan bala tentara Fir’aun.”

Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Kami lebih berhak atas Musa dari pada kalian.”

Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa. Hadits ini disebutkan di dalam kedua kitab Shahih, dari Ibnu Abbas.

Ibnu jarir berkata, “Di tahun-tahun ini orang diperintahkan untuk menunaikan zakat fitrah. Ada yang berpendapat: Bahwasanya Rasulullah SAW berkhutbah di hadapan orang-orang satu hari –atau dua hari-sebelum hari raya Idul Fitri, dan memerintahkan mereka untuk menunaikan zakat fitrah itu.

Ibnu Jarir menambahkan, “Pada tahun ini Nabi SAW melaksanakan shalat ‘Ied, beliau keluar bersama orang-orang menuju tempat shalat. Itulah shalat ‘Ied pertama yang beliau laksanakan. Orang-orang keluar di hadapan beliau membawa bayonet. Bayonet itu milik Zubair yang dihadiahkan Raja Najasyi kepadanya. Dan selanjutnya bayonet itu biasa dibawa di hadapan Rasulullah pada pelaksanaan shalat ‘Ied (Jami’ul Bayan, vol 3,hal 314).

Sumber: Buku Peristiwa-peristiwa penting di bulan Ramadhan (Dr.Abdurrahman Al Baghdady; 2012)

 

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *